Sejarah Kampung

Kampung Bumi Dipasena Agung merupakan salah satu dari 8 (delapan) Kampung yang ada di Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulang Bawang. Terbentuknya Kampung Bumi Dipasena Agung karena adanya Kemitraan Tambak Inti Rakyat (TIR). Di mana masyarakatnya menjadi Petambak Plasma dan PT Dipasena Citra Darmaja (DCD) bertindak sebagai Perusahaan Inti.

Nuansa Hijau Kampung Bumi Dipasena Agung | Foto Drone – Kampung Bumi Dipasena Agung

Pada tahun 1989 PT DCD mulai melakukan pembukaan lahan untuk mencetak tambak di Blok 04 dan Blok 05, dua blok inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal terbentuknya wilayah Kampung Bumi Dipasena Agung.

Setelah pekerjaan pembuatan tambak selesai, maka PT DCD mulai menempatkan petambak Plasma. Pada akhir bulan Januari 1990 ditempatkan Blok 04 dan Blok 05 sebanyak 1.199, keseluruhan jumlah petambak plasma yang ditempatkan sebanyak 1.199 KK dan inilah yang merupakan cikal bakal masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung.

Terbentuknya Kampung Bumi Dipasena Agung berawal dari ditetapkannya Kampung Persiapan Kampung Bumi Dipasena Agung menjadi kampung definitif pada Tanggal 11 mei 1994 oleh Gubernur Lampung Bapak Pujono Pranoto.

Secara Adminitrasi Kampung Bumi Dipasena Agung telah (4) kali mengalami perubahan pada saat dibentuk masuk wilayah Kecamatan Menggala Kabupaten Lampung Utara. Kemudian setelah adanya pemekaran Kabupaten Lampung Utara, maka masuk wilayah Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Pada saat terjadi pemekaran Kecamatan Menggala, maka masuk wilayah Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulang Bawang. Saat ini masuk wilayah Kecamatan Rawajitu Timur setelah adanya pemekaran Kecamatan Rawajitu Selatan.

Kampung Bumi Dipasena Agung terdiri dari 2 Blok yaitu Blok 04 dan Blok 05. Terbagi menjadi 14 RW/Suku dan 69 RT. Dipimpin oleh seorang Kepala Kampung yang dipilih secara langsung oleh masyarakat dan Dalam menjalankan tugasnya Kepala Kampung dibantu oleh perangkat Kampung yang terdiri dari seorang Sekretaris Kampung dan beberapa orang Kepala Urusan. Sedangkan dalam menjalankan Progam Kerja Pemerintah melibatkan lembaga kemasyarakatan.

Dari mulai terbentuknya pada tahun 1994 sampai dengan sekarang Kampung Bumi Dipasena Agung telah terjadi 6 (enam) kali pergantian kepemimpinan yaitu :

1. Bp D. Tadjudin Noor (Pj Kepala Kampung)
2. Bp D. Tadjudin Noor (Kepala Kampung)
3. Bp Suwadi (Pj Kepala Kampung)
4. Bp Carto (Kepala Kampung)
5. Bp Purdiyanto (Kepala Kampung)
6. Bp Sukismo (Kepala Kampung)

Facebook Comments