Unjuk Berbagai Cara Memberi Makan Udang, Perempuan Kampung Bumi Dipasena Agung Tampil dengan “Kebaya Kartini”

bumidipasenaagung.desa.id – Rawajitu Timur, Diawali senam khas Kabupaten Tulang Bawang yakni senam BMW bersama dengan mengenakan “Kebaya Kartini” Cantik Masa Kini, para Perempuan Kampung Bumi Dipasena Agung terlihat antusias memenuhi Pendopo Kampung. Turut memeriahkan acara pagi hari ini, Minggu (21/04) dalam rangka memperingati Hari Kartini, Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung kobarkan semangat Kartini kepada seluruh perempuan di Kampung Bumi Dipasena Agung. Kepala Kampung juga menuturkan bahwa Perempuan di Kampung Bumi Dipasena Agung harus bisa mengembangkan seluruh kreatifitas dan bakatnya, selain menjadi Perempuan Pengurus Rumah Tangga, pun juga harus bisa membantu pekerjaan sang suami sebagai petambak umumnya yaitu berbudidaya udang.

Semangat Pagi Hari dengan Senam BMW Bersama para Perempuan Bumi Dipasena Agung dalam Rangka Memperingati Hari Kartini, Minggu 21/04. || Foto : Dok. Kampung – R. Santoso

Pada tanggal 21 April, Indonesia memperingati sebagai Hari Ibu Kartini. Beliaulah Perempuan tangguh yang mewujudkan pena menjadi senjata melawan diskriminasi, eksploitasi dan ketidakadilan yang dialami oleh perempuan. TP-PKK Kampung Bumi Dipasena Agung bekerja sama dengan Pemerintahan Kampung Bumi Dipasena Agung yang tak ketinggalan juga menyelenggarakan acara memperingati Hari Kartini tersebut di Pendopo Kampung Bumi Dipasena Agung tepatnya. Dengan dimeriahkan beberapa perlombaan dan kegiatan, Perempuan Kampung Bumi Dipasena Agung terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti jalannya acara. Perlombaan yang dilombakan diantaranya yaitu lomba Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), lomba kreasi makanan yang berbahan dasar singkong, lomba pembacaan puisi, serta lomba unjuk berbagai cara memberi makan udang.

Berbagai Kegiatan Lomba dalam rangka Memperingati Hari kartini Tahun 2019 di Kampung Bumi Dipasena Agung. || Foto : Dok. Kampung – R. Santoso

Acara ini sepenuhnya dipelopori oleh para Perempuan yang tergabung dalam TP-PKK Kampung Bumi Dipasena Agung dan perempuan-perempuan hebat Kampung Bumi Dipasena Agung, dengan mengusung tema “Pemberdaayaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia”.

Dalam perlombaan unjuk berbagai cara memberi makan udang ini terlihat yang paling meriah dan memicu sorak keramaian para penontonnya. Diiringi dengan alunan musik, berjalan layaknya fashion show, para peserta lomba yang terdiri dari para perempuan Bumi Dipasena Agung yang rata-rata adalah sang istri dari petambak budidaya udang melakukan unjuk kebolehan cara dalam memberi makan udang.

Terlihat Salah Satu Peserta Lomba Unjuk Berbagai Cara Memberi Makan Udang sedang Memperagakan Kreasinya yang Menggambarkan Perjuangan Perempuan dalam Membantu Sang Suami Berbudidaya Udang. || Foto : Dok. Kampung – R. Santoso

Acara memperingati Hari Kartini ini diselenggarakan, selain sebagai pengingat bagi para pemangku kebijakan yang hingga hari ini masih menjadikan perempuan terutama perempuan pembudidaya udang yang ada di Bumi Dipasena umumnya hanya sebagai subjek yang dipandang samar. Juga sebagai pemberitahuan bahwa di laut dan pesisir Indonesia, berkisar 3,9 juta perempuan nelayan memiliki peran strategis dalam memastikan kebutuhan pangan bangsa Indonesia hingga dapat terpenuhi. Tangan perempuan nelayan turut menjadi penentu protein bangsa, sekalipun mereka harus bekerja lebih dari 17 jam per-hari.

Pembagian Hadiah dan Uang Pembinaan Bagi Pemenang Lomba oleh Ketua TP-PKK Kampung Bumi Dipasena Agung Dipenghujung Acara. || Foto : Dok. Kampung – R. Santoso

Esra Dwi Lestari selaku Ketua panitia sekaligus wakil ketua PPNI Lampung mengatakan, bahwa kontribusi dan peran perempuan sementara hanya diakui sebagai pengurus rumah tangga. “Hingga hari ini, tepat memperingati Hari Kartini tahun 2019, kami terus berjuang agar Negara ini sadar bahwa perempuan nelayan/perempuan pembudidaya khususnya budidaya udang bukanlah hanya sebagai subjek yang terabaikan. Perempuan nelayan harus bangkit untuk berdaulat, mandiri dan sejahtera. Salam untuk Perempuan Hebat di seluruh Nusantara”, Imbuhnya. (Minggu, 21/04 – R. S.)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan