“Ruwatan Kampung”, Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Agung Rangkul Lima Agama

bumidipasenaagung.desa.id – Tulang Bawang, Adakan Ruwatan Kampung, masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung terlihat antusias memenuhi pendopo Kampung pada Sabtu malam (16/02). Dalam Ruwatan Kampung ini dilakukan juga doa bersama lintas 5 Agama yang bertujuan agar seluruh masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung dijauhkan dari segala mala petaka, diberikan keselamatan dalam hal apapun serta diberi kemakmuran oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Suasana Hikmat dalam Acara “Ruwatan Kampung” Bumi Dipasena Agung Tahun 2019. || Dok. Kampung, R. Santoso

Dihadiri beberapa tokoh baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, beserta aparatur kampung dan seluruh lapisan masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung, acara ini pun berjalan dengan hikmat.

“Acara ini diselenggarakan atas bentuk rasa syukur masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung terhadap apa yang didapatkan dari bumi tempat di mana masyarakat tinggal. Kami berharap agar Kampung Bumi Dipasena Agung ini diberikan Keselamatan, Kemakmuran, dan Kesejahteraan. Selain itu juga agar terjaga kerukunan masyarakatnya sehingga hidup tentram, aman serta damai. Dalam acara ini juga, Kami Pemerintahan Kampung Bumi Dipasena Agung mengundang 5 orang Tokoh sebagai perwakilan dari setiap Agama yang ada untuk melakukan do’a bersama demi tercapainya seluruh harapan,” tutur Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung dalam sambutannya.(16/02)

Pada inti acara, 5 orang tokoh perwakilan dari masing-masing Agama yaitu Agama Islam, Kristen, Katholik, Hindu, dan Budha menyampaikan beberapa petuah dan tujuan diadakannya do’a bersama ini, serta dilanjutkan dengan do’a dari masing-masing Kepercayaan. Beberapa pemaparan maksud dan pengertian Ruwatan Kampung dari versi kebudayaan pun juga disampaikan oleh pembawa acara dan beberapa Tokoh Agama sebagai wawasan untuk masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung.

Beberapa Pemaparan Maksud, Tujuan, serta Makna Ruwatan Kampung oleh Pembawa Acara dan Beberapa Tokoh. || Dok. Kampung, R. Santoso

Selesai rangkaian acara do’a bersama, seluruh lapisan masyarakat menyaksikan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala Kampung beserta Tokoh Masyarakat lainnya yang kemudian diserahkan secara simbolis kepada Tokoh Agama sebagai simbol telah diselesaikannya hajat Ruwatan Kampung tersebut.

Penyerahan Secara Simbolis oleh Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung Potongan Tumpeng Kepada Tokoh-tokoh Agama. || Dok. Kampung, R. Santoso

Setelah beberapa rangkaian acara Ruwatan Kampung tersebut selesai, kemudian seluruh lapisan masyarakat pun makan bersama menikmati hidangan yang telah tersedia. “Suasana inilah yang dinantikan, sebuah kebersamaan dan tampak kerukunan seluruh masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung yang harus dipertahankan di Kampung Bumi Dipasena Agung ini,” pungkas salah satu Tokoh Masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung.

Suasana Kebersamaan Masyarakat Kampung Bumi Dipasena Agung dalam Menikmati Hidangan Ruwatan Kampung.” || Dok. Kampung, R. Santoso

Harapan masyarakat, semoga acara ini dapat terselenggara kembali di Tahun yang akan datang serta acaranya pun dapat dikemas lebih meriah lagi.(RS_Sabtu,16/02)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan