Enceng Gondok Memang Bikin “Gondok”

Rawajitu Timur 03 Mei 2018 | bumidipasenaagung.desa.id – Setelah kemarin menghanyutkan jembatan di wilayah RW 5 Fox Bumi Dipasena Agung ( di sini ) kali ini giliran Kampung BUMI DIPASENA JAYA mendapat “kunjungan” dari gerombolan enceng gondok.

Penampakan “gerombolan” enceng gondok ini dilaporkan oleh Lily, penjaga portal jembatan BD Jaya pada pukul 17.35 WIB dan melaporkan bahwa ada satu kendaraan air (kelotok) yang terjebak di antara enceng gondok tersebut.

Laporan terakhir dari M. Taufik (warga Bumi Dipasena Jaya) menyebutkan bahwa satu kelotok udang dari WM (Wahyuni Mandira, OKI-Sumsel) yang hendak melintas terhalang oleh barikade enceng gondok yang bercokol di bawah jembatan BUMI DIPASENA JAYA.

Sampai tulisan ini diturunkan beberapa warga Kampung BUMI DIPASENA JAYA mengadakan ronda untuk kelancaran dan keamanan arus lalu lintas air.

Enceng gondok ini sudah sejak lama menjadi permasalahan yang cukup mengganggu di kawasan perairan pertambakan Dipasena, terutama mengganggu aktifitas lalu lintas kendaraan air. Untuk mengatasinya ada beberapa orang yang menyarankan solusi dengan cara dilakukan penyemprotan menggunakan herbisida, namun dikhawatirkan dampaknya akan merugikan terhadap lingkungan perairan pertambakan.

Dalam rangka mengatasi masalah enceng gondok ini masyarakat petambak yang ada di Kampung BUMI DIPASENA AGUNG Senin depan (7 Mei) berinisiatif melakukan gotong royong untuk membersihkan kanal (saluran) outlet dari “serangan dan pendudukan” enceng gondok di BUMI DIPASENA AGUNG tersebut.
(Ridwan. BDA, Sumber Foto : WAG Rawajitu Timur)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan