“Merintis Hingga Merilis” Produk Olahan Khas Dipasena

bumidipasenaagung.desa.id, Tulang Bawang – Bumi Dipasena Agung merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Rawajitu Timur yang berbatasan dengan Laut (Sebelah Timur), Kecamatan Rawajitu Selatan (Sebelah Barat), Kampung Bumi Dipasena Utama (Sebelah Selatan) dan Kampung Bumi Dipasena Jaya (Sebelah Utara) yang berada di wilayah Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Kampung Bumi Dipasena Agung ini termasuk Kampung yang lumayan jauh jarak tempuhnya dari Kantor Kecamatan yaitu ±8 KM. Meskipun letaknya lumayan jauh dari pusat Kecamatan, Kampung ini memiliki sebuah sentra industri produk olahan khas Dipasena yang berpotensi. Sentra industri tersebut berkembang dalam olahan ibu rumah tangga yang hingga sekarang masih dikelola baik khususnya oleh istri petambak yang tergabung dalam kelompok BARETA – PPNI P3UW Lampung.

Acara Pembukaan Sentra Produksi Olahan Khas Dipasena Wilayah Bumi Dipasena Agung || Sumber Foto : Dok. Desa-Rid.S.

Untuk saat ini, produk-produk olahan khas Dipasena yang diunggulkan oleh Kampung Bumi Dipasena Agung adalah berupa kerupuk udang dan kemplang ikan. Selain itu, sentra industri tersebut juga mengolah produk makanan lain yaitu : Kripik Tiram, Keripik Assoy, dan lainnya.

Awal mula didirikannya sentra industri tersebut digagas oleh istri petambak yang tergabung dalam kelompok BARETA – PPNI P3UW Lampung atau disebut Barisan Relawan Wanita – Persaudaraan Perempuan Nelayan Indonesia wilayah Kampung Bumi Dipasena Agung. Hingga kini telah mengalami perkembangan dari awal merintis dan sudah merambah ke beberapa produk khas unggulan yang telah siap dirilis ke masyarakat umum, baik di wilayah Rawajitu Timur maupun di luar wilayah Rawajitu Timur.

Beberapa Olahan yang Telah dirilis (dipasarkan) ke Masyarakat Bumi Dipasena || Sumber Foto : Dok. Desa-Rid.S.

“Semoga ke depannya sentra industri produk olahan khas Dipasena yang berada di Kampung Bumi Dipasena Agung ini dapat lebih maju dan lebih berkembang lagi, serta dapat bersaing dengan sentra industri produk olahan di luar daerah Rawajitu Timur”, tutur salah satu istri petambak Bumi Dipasena Agung yang tergabung dalam Kelompok BARETA – PPNI P3UW Lampung tersebut.

Kelompok BARETA-PPNI P3UW Lampung Wilayah Bumi Dipasena Agung Sedang Membuat Olahan Kerupuk Udang dan Ikan || Sumber Foto : Dok. Desa-Rid.S.

Kelompok BARETA – PPNI P3UW Lampung di wilayah Bumi Dipasena Agung juga berharap Pemerintah dapat ikut berperan dalam memberikan bantuan kepada sentra industri produk olahan khas Dipasena ini baik berupa pelatihan maupun bantuan lainnya yang bertujuan untuk pengembangan produk olahan khas Dipasena yang ada di wilayah Bumi Dipasena Agung tersebut. (Rid_s)

Sumber : BARETA-PPNI P3UW Lampung – Kampung Bumi Dipasena Agung.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan