“Buat Apa Ke POSYANDU?”

bumidipasenaagung.desa.id, Tulang Bawang – Kampung Bumi Dipasena Agung kembali mengadakan kegiatan Posyandu yang secara rutin dilaksanakan setiap tanggal 13. Ini merupakan salah satu Program pelayanan di bidang kesehatan yang secara penuh didukung oleh Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung, Sukismo.

Suasana Kegiatan Posyandu di Kampung Bumi Dipasena Agung || DOK.Desa-Foto : Ridwan S.

Posyandu adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Pengintegrasian layanan sosial dasar di Posyandu adalah suatu upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial.

UKBM adalah wahana pemberdayaan masyarakat, yang dibentuk atas dasar kebutuhan masyarakat, dikelola oleh, dari, untuk dan bersama masyarakat, denganbimbingan petugas Puskesmas, lintas sektor dan lembaga terkait lainnya.

Pemberdayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitasi yang bersifat non instruktif, guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat, agar mam[u mengidentifikasi masalah yang dihadapi, potensi yang dimiliki, merencanakan dan melakukan pemecahannya dangan memanfaatkan potensi setempat.

Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan adalah proses pemberian informasi kepada individu, keluarga atau kelompok (klien) secara terus menerus dan berkesinambungan mengikuti perkembangan klien, serta proses membantu klien, agar klien tersebut berubah dari tidak tahu menjadi tahu atau sadar (aspek pengetahuan atau knowledge), dari tahu menjadi mau (aspek sikap atau attitude), dan dari mau menjadi mampu melaksanakan perilaku yang diperkenalkan (aspek tindakan atau practice).

Pelayanan kesehatan dasar di Posyandu adalah pelayanan kesehatan yang mencakup sekurang – kurangnya 5 (lima) kegiatan, yakni Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Imunisasi, Gizi, dan Penanggulangan Diare.

Posyandu kali ini (13/3/2018) dihadiri Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung, Bidan Desa Sutriyani, Perawat Desa Andi Nugroho, Ketua Kader Posyandu Siti Halimah.

Meja Pendaftaran Peserta Posyandu Kampung Bumi Dipasena Agung || DOK.Desa-Foto : Ridwan S.

“Kegiatan hari ini para kader posyandu didampingi bidan desa melayani 89 anak balita dan 11 orang ibu hamil” kata Ketua Kader Posyandu. “Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan balita untuk pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) dan pemantauan serta penyuluhan kepada ibu hamil”, tambahnya.

Kader Posyandu Kampung Bumi Dipasena Agung || DOK.Desa-Foto : Ridwan S.

Dalam kesempatan itu Bidan Desa juga menyampaikan manfaat pentingnya datang ke posyandu yaitu memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita, pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang atau gizi buruk, bayi dan anak balita mendapatkan kapsul Vitamin A, bayi memperoleh imunisasi lengkap, ibu hamil akan terpantau berat badannya dan memperoleh tablet tambah darah (Fe) serta imunisasi Tetanus Toksoid (TT), Ibu nifas memperoleh kapsul Vitamin A dan tablet tambah darah (Fe), emperoleh penyuluhan kesehatan terkait tentang kesehatan ibu dan anak, apabila terdapat kelainan pada bayi, anak balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui dapat segera diketahui dan dirujuk ke puskesmas.

“Selain itu ibu-ibu dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan ibu, bayi, dan anak balita.” tutur Sutriyani. (Sidik P.)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan